PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN WANITA DI RS MEDIKA DRAMAGA BOGOR

  • Feby Cahya Sapitri Telkom University
  • Nidya Dudija Universitas Telkom
Keywords: Work-Family Conflict, Stress Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk melihat bagaimana tingkat work-family conflict, tingkat stres kerja dan tingkat kinerja karyawan dalam perusahaan dan bagaimana pengaruh work-family conflict dan stres kerja terhadap kinerja karyawan di RS Medika Dramaga Bogor. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan penyebaran kuesioner pada 112 responden.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara Work-Family Conflict dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan Wanita. Artinya apabila work-family conflict meningkat dan stres kerja meningkat maka kinerja karyawan yang dihasilkan akan menurun.

Koefisien determinasi yang didapat pada penelitian ini menunjukkan nilai R square sebesar 0.748. Artinya ada pengaruh antara variabel Work-Family Conflict dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan Wanita sebesar 74.8% sedangkan sisanya 25.2% merupkan pengaruh variabel-variabel lain yang tidak peneliti libatkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini akan menjadi masukan bagi RS Medika Dramaga untuk selalu mengelola tingkat work-family conflict dan stres yang bisa dialami suatu saat oleh karyawan yang dapat menurunkan kinerja karyawan pada masing-masing karyawan dalam organisasi dengan selalu memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Published
2020-10-01