ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PESERTA BPJS KESEHATAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ASEMBAGUS KABUPATEN SITUBONDO

  • Ririn Wahyuningtyastutik Pascasarjana Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Kualitas Pelayanan Pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Asembagus, Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan berjumlah 18 orang yaitu Pasien atau keluarga pasien yang memperoleh pelayanan, Kabid Pelayanan Medis sebagai yang mengetahui segala proses dan kondisi pelayanan oleh pegawai di loket pelayanan, salah satu Pegawai rekam medis bagian pelayanan BPJS Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asembagus Kabupaten Situbondo. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan sedangkan data sekunder bersumber dari data yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asembagus Kabupaten Situbondo, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan BPJS Kesehatan di (RSUD) Asembagus Kabupaten Situbondo secara umum sudah berjalan baik, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti sikap yang kurang ramah dari petugas medis yang masih muda dan petugas administrasi yang masih baru, Kehandalan dan kepercayaan terhadap petugas administarsi dan petugas medis masih belum maksimal, masih perlu untuk ditingkatkan lagi. Gambaran keseluruhan pelayanan baik klinis maupun managerial di RSUD Asembagus sudah berjalan cukup baik dan dari 6 dimensi yang diteliti pasien meras puas dan hal ini juga disampaikan oleh petugas perwakilan BPJS di RSUD Asembagus.

 

Published
2020-10-28