ANALISIS TENTANG KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK DAN PELAYANAN ADMINISTRASI

  • Etty Widawati STIE PEMUDA Surabaya
  • Siswohadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda
Keywords: Mahasiswa, Kepuasan, Layanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik (X1), dan pelayanan administrasi (X1) Ikip Widya Darma Surabaya.Secara simultan maupun parsial,serta mengetahui variable yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa. jenis penelitian adalah kuantitatif dengan sample mahasiswa 100 orang.

Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa yang menempuh pendidikan di Surabaya yang berjumlah 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari gambaran umum tentang identitas respon den berdasarkan usia dan jenis kelamin.Penelitian menggunakan pengujian instrumen penelitian yaitu uji validitas dengan hasil dua variabel adalah valid dan uji reliabilitas dengan hasil tiga variabel adalah reliabel. Pelayanan akademik dan pelayanan administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan dari uji t pengujian hipotesis secara parsial antar variable X1(pelayanan akademik) memperlihatkan t hitung (5.669) > t table (1,984). Hal ini memiliki arti bahwa pengujian tersebut variable X1 (pelayanan akademik) berpengaruh terhadap Y (kepuasan mahasiswa).

Pelayanan administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.Hal tersebutditunjukkandariuji t pengujian hipotesis secara parsial antar variabel X2 (pelayanan administrasi )memperlihatkan t hitung (5.669) > t table (1,984). Hal ini memiliki arti bahwa pengujian tersebut varibel X2 (pelayanan administrasi) berpengaruh terhadap Y (kepuasan mahasiswa).

Pelayanan akademik dan pelayanan administrasi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan oleh uji F dengan nilai F hitung (33.629) > f table (3,09).

Published
2020-10-28