ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) , CELEBRITY ENDORSEMENT DAN GAYA HIDUP PADA MINAT BELI PRODUK ONLINE SHOP

  • Nur Aini Anisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda
  • Andrik Gastri Widjatmiko Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda
Keywords: Electronic Word of Mouth, Celebrity Endorsment, Gaya Hidup, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya perdagangan melalui internet atau biasa disebut dengan perdagangan elektronik (E-commerce). Dari sudut pandang pebisnis hal ini menjadi peluang mereka untuk meningkatkan usahanya dengan membuat online shop yang dimasukkan dalam beberapa marketplace. Electronic Word of Mouth (e-wom) meliputi testimoni dari sesoerang yang pernah membeli, kemudia juga adanya tokoh yang digemari menggunakan produk tersebut yatu Celebrity endorse serta gaya hidup generasi millenial. Tujuan penelitian ini untuk mengaungkap bagaimana pengaruhnya beberapa aspek tersebut dalam minat beli.

Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggambarkan regresi linier berganda. Metode penelitian sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pertimbangan bahwa semua populasi tidak dapat dijadikan sebuah sampel. Sampel yang diperoleh adalah 200 mahasiswa.

Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan E-WOM terhadap minat beli produk online shop, terdapat pengaruh signifikan celebrity endorse terhadap minat beli produk online, terdapat pengaruh signifikan gaya hidup terhadap minat beli produk online shop, terdapat pengaruh E-WOM, Celebrity Endorse dan gaya hidup secara simultan terhadap minat beli produk online shop.

 

Published
2020-10-28