PENGARUH KOMPENTENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA AKUN SATKAPAL II KOARMADA II SURABAYA

  • Ratna Setiawati Universitas Terbuka
Keywords: Kompetensi, Motivasi, Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian adalah Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompentensi kerja terhadap kinerja pegawai Akun Satkapal II Koarmada II Surabaya. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai Akun Satkapal II Koarmada II Surabaya. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompentensi, dan motivasi secara simultan terhadap kinerja pegawai Akun Satkapal II Koarmada II Surabaya.

Rancangan Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (Explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Akun Satkapal II Koarmada II Surabaya sejumlah 2000 orang pegawai. Teknik Pengambilan dan Besar Sampel menggunakan metode atau teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus n = N : ((N x d²) + 1), sehingga besarnya sampel adalah sebanyak 100 orang pegawai. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat, yaitu pengaruh dari kompetensi (X1), motivasi kerja (X2), dan kinerja pegawai (Y).

Berdasarkan hasil analisa data didapatkan bahwa Kompetensi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai Akun Satkapal II Koarmada II Surabaya. Motivasi kerja pegawai mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai Akun Satkapal II Koarmada II Surabaya. Kompetensi dan motivasi kerja secara simulan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Akun Satkapal II Koarmada II Surabaya.

Published
2020-12-05