PENGARUH INTERNAL MARKETING, KOMITMEN ORGANISASIONAL, ORIENTASI PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BANK CIMB NIAGA SURABAYA

  • Mira Gayatri Kartika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Fatahillah
Keywords: Internal Marketing, Komitmen Organisasional, Orientasi Perusahaan, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh internal marketing terhadap komitmen organisasional, orientasi perusahaan dan kinerja karyawan. Selain itu penelitian juga bertujuan menganalisis pengaruh dari komitmen organisasional terhadap orientasi perusahaan dan kinerja, serta menguji pengaruh orientasi perusahaan terhadap kinerja karyawan. Penelitian dilakukan di bank CIMB Niaga cabang Surabaya, dengan populasi adalah seluruh pegawai perusahaan sebanyak 480. Total ukuran sampel yang diambil sebanyak 173 pegawai dengan metode pengambilan sampel secara convenience random sampling.

Hasil pengujian membuktikan bahwa internal marketing terbukti berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional pegawai bank CIMB Niaga Surabaya, dengan nilai t hitung sebesar 9,232. Internal marketing juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap orientasi pasar dengan nilai t hitung sebesar 5,220,dan terhadap kinerja dengan nilai t hitung sebesar 3,122. Pengujian terhadap pengaruh komitmen organisasional terhadap orientasi perusahaan di dapatkan nilai t hitung sebesar 4,290, sementara pengaruhnya terhadap kinerja karyawan didapatkan nilai t hitung sebesar 4,477. Pengaruh orientasi perusahaan terhadap kinerja karyawan di dapatkan hasil t hitung sebesar 3,906. Hasil diatas menyimpulkan bahwa internal marketing berpengaruh baik secara langsung terhadap kinerja juga berpengaruh tidak langsung melalui mediasi komitmen organisasional dan orientasi perusahaan. Secara keseluruhan model internal marketing, komitmen organisasional dan orientasi perusahaan dapat menjelaskan kinerja karyawan bank CIMB Niaga mencapai 48,1 persen dengan nilai F hitung sebesar 52,205 yang berarti model telah dinyatakan fit sebagai prediktor kinerja karyawan.

Published
2021-01-07