ANALISIS BUDAYA ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN RUMAH TAHFIDZ FIE DZHILALIL QUR’AN (RTQ)

  • Darmawan Politeknik LP3I Jakarta
  • Nurdin Politeknik LP3I Jakarta
  • Ria Estiana Politeknik LP3I Jakarta
Keywords: Budaya Organisasi, Loyalitas Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap loyalitas karyawan Pada Lembaga Pendidikan Rumah Tahfidz Fie Dzhilalil Qur’an (RTQ) Srengseng. Budaya organisasi yang kuat memberikan kepada para karyawan pemahaman yang jelas tentang “cara penyelesaian urutan masalah di sekitarnya”. Budaya memberikan stabilitas pada organisasi

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Pada Lembaga Pendidikan Rumah Tahfidz Fie Dzhilalil Qur’an (RTQ) Srengseng, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh karyawan yang berjumlah 15 orang. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variable loyalitas karyawan di Lembaga Pendidikan Rumah Tahfidz Fie Dzhilalil Qur’an (RTQ), dengan nilai korelasi sebesar 0,626. Besarnya loyalitas kerja 62,6% dipengaruhi oleh budaya organisasi, sedangkan sisanya 37,4% dipengaruhi oleh variable/faktor lainnya, yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2021-02-19