PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI DAN LOYALITAS PELANGGAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (IKLAN PRODUK KOSMETIK SARIAYU)

  • Ririn Damayanti UNIVERSITAS KHAIRUN
Keywords: Celebrity Endorser, Label Halal, Minat Beli, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh selebriti endorser, label halal terhadap minat beli dan loyalitas pelanggan dengan citra merek sebagai variabel intervening pada sebuah produk kosmetik Sariayu. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik covariance sampling dengan kriteria wanita Muslim di Indonesia khususnya Yogyakarta yang menggunakan produk kosmetik Sariayu dan juga Chelsea Olivia sebagai selebriti endorser didalam iklan tersebut.

Data dilakukan menggunakan kuesioner dengan 251 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitaif dan pengujian hipotesis menggunakan model SEM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya faktor kepercayaan dari celebrity endorser yang berpengaruh signifikan terhadap citra merek, minat beli dan loyalitas pelanggan, pengetahuan berpengaruh terhadap minat beli, label halal berpengaruh terhadap citra merek dan minat beli, sedangkan pengetahuan tidak berpengaruh signifikan terhadap citra merek dan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini juga menyatakan bahwa faktor daya tarik tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek, minat beli dan loyalitas pelanggan.

Published
2021-02-19