PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEGAWAI DI BIRO SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI MALUKU UTARA

  • Ikrima M. Mustafa Mustafa Universitas Khairun
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Quality of Work Life, Motivasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, Quality of Work Life, motivasi kerja dan kinerja pegawai, hubungan gaya kepemimpinan dan Quality of Work life secara bersama-sama terhadap motivasi kerja, dan hubungan antara gaya kepemimpinan, Quality of Work Life, motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai di Biro Sekretariat Daerah Provinsi Maluku Utara.

Metode Penelitian adalah deskriptif verifikatif dimana setiap responden  diberikan 70 pernyataan yang terdiri dari 22 pernyataan untukvariabel gaya kepemimpinan, 14 untuk variabel Quality Of Work Life, 16  pernyatan motivasi kerja, dan 18 pernyataan untuk kinerja pegawai, pemberian skor menggunakan skala likert 1 s/d 5. Sampel penelitian adalah 250 orang. Teknik analisis yang digunakan  adalah analisis statistik dekriptif dimana digunakan untuk menggambarkan data yang telah terkumpul tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku umum atau generalisasi. Untuk menganalisa secara deskriptif digunakan program SPSS 20.00. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kausalitas atau hubungan pengaruh. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini maka teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) yang di operasikan melalui program LISREL 8.80.

Berdasarkan analisis yang digunakan dengan demikian terbukti bahwa gaya kepemimpinan, Quality of Work life, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja pegawai di Biro Sekretariat Daerah Provinsi Maluku Utara.  

Published
2021-02-19