PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERTANIAN KABUPATEN BOJONEGORO

  • Yuni Arbaatun UPTD Dinas Pendidikan Bojonegoro
Keywords: Faktor Budaya, Perspektif Diferensiasi, Perspektif Integrasi, Perspektif Fragmentasi Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh keadaan budaya organisasi yang terdiri dari perspektif diferensiasi, perspektif integrasi terhadap perspektif fragmentasi dan kinerja pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, untuk mengetahui secara parsial pengaruh budaya organisasi yang terdiri dari perspektif diferensiasi, perspektif integrasi dan perspektif fragmentasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro dan untuk mengetahui diantara ketiga variabel perspektif budaya organisasi tersebut yang  berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro

Penelitian ini dilakukan pada Pegawai dengan alasan karena pegawai merupakan ujung tombak dalam pelaksnaan kegiatan.  Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan yang berkaitan dengan permasalahan dan tujuan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa faktor budaya organisasi Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro yang meliputi perspektif diferensiasi, perspektif integrasi dan perspektif fragmentasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Ketiga perspektif tersebut mempemgaruhi kinerja pegawai secara bersama-sama sebesar 44.7%, sedangkan sisanya sebesar 55.3% kinerja pegawai dipengaruhi selain budaya organisasi. Faktor budaya organisasi Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro  yang meliputi perspektif diferensiasi dan perspektif fragmentasi berpengaruh tidak signifikan negatif terhadap pegawai. Adapun perspektif integrasi berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian Faktor budaya organisasi yang meliputi perspektif diferensiasi, perspektif integrasi dan perspektif fragmentasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Faktor budaya organisasi perspektif integrasi berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai. Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro Propinsi Jawa Timur.

Published
2021-03-18