MANAJEMEN BENCANA BERBASIS HUMANITARIAN LOGISTICS DI INDONESIA

  • Johan Bhimo Sukoco Universitas Diponegoro
Keywords: Humanitarian Logistics, Bencana, Logistik

Abstract

Bencana menjadi isu yang sangat strategik dalam kancah nasional maupun internasional. Anies (2018), menyebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara rawan bencana di dunia berdasarkan data Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Strategi Internasional Pengurangan Resiko Bencana (UN-ISDR). Penelitian ini bertujuan mengkaji gambaran manajemen bencana di Indonesia dengan pendekatan humanitarian logistics.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen, dimana data sekunder diolah dari berbagai dokumen, arsip, maupun literatur. Teknis analisis data menggunakan model analisis interaktif, dengan berfokus pada komponen reduksi data, sajian data, verifikasi serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan manajemen bencana yang dilakukan pemerintah Indonesia sudah dilakukan dengan berdasarkan prinsip-prinsip humanitarian logistics. Namun demikian, dirasa masih perlu peningkatan kinerja distribusi logistik maupun peralatan, utamanya di daerah rawan bencana.

Published
2021-04-15