ANALISIS INOVASI PRODUK TERHADAP HARGA JUAL GARAM PADA PT GARSINDO ANUGERAH SEJAHTERA GRESIK

  • Yohannes Sugiarto Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Woro Utari Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • C. Sri Hartati Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Inovasi Produk, Harga Jual, Garam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi produk harga jual garam produk PT Garsindo Anugerah Sejahtera; untuk menganalisis inovasi produk dengan harga jual garam produk PT Garsindo Anugerah Sejahtera; untuk menentukan strategi inovasi produk dengan harga jual garam PT Garsindo Anugerah Sejahtera jangka menengah dan jangka panjang dalam menghadapi persaingan ke depan.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sebanyak lima informan menjadi sumber pengumpulan data dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di PT Garsindo Anugerah Sejahtera, Gresik, Jawa Timur. Penelitian dilakukan secara semi-terstruktur dengan wawancara mendalam (in-depth interview).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk terbukti mampu memperkuat produk perusahaan yang terungkap dari peningkatan daya saing produk-produk yang dijual oleh perusahaan di pasar domestik, bahkan sebagian sudah mulai bisa diekspor ke Jepang. Inovasi produk mampu meningkatkan harga jual barang menjadi lebih tinggi. Bahkan, inovasi ini bisa menciptakan barang setara dengan garam impor yang dipergunakan sebagian besar perusahaan-perusahaan di Indonesia. Inovasi produk yang kuat mampu memperluas pangsa pasar dan memudahkan para distributor untuk memasarkan produk-produk yang diciptakan oleh perusahaan. Inovasi produk juga menunjukkan keterkaitan antara branding dan inovasi terhadap peningkatkan penjualan garam.

Published
2021-04-15