MANAJAEMEN KEARSIPAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA SMP NEGERI 01 CISOMPET KABUPATEN GARUT

  • Dini Setyorini Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rosmita Rosmita Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Manajemen Kearsipan, Surat Masuk, Surat Keluar

Abstract

Surat adalah sebuah alat komunikasi tertulis yang digunakan oleh pengirim untuk mengirimkan berita atau informasi kepada penerima. Surat juga memiliki fungsi dokumentasi yang berisi rekaman tentang aktivitas suatu instansi. Surat pula dapat dijadikan sebuah bukti atau dasar untuk melakukan tindakan tertentu karena memiliki tanda keabsahan perintah yang kuat, yaitu tanda tangan pembuatnya.

Masalah dari penelitian ini adalah setiap surat masuk dan keluar yang diterima oleh Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Cisompet, biasanya harus di disposisikan terlebih dahulu secara manual untuk arsip. Surat yang akan keluar terlebih dahulu dibuat salinan nomor. Selanjutnya di atur dalam sebuah rak. Hal ini sangat rentan dengan masalah kehilangan arsip surat dan akan menghambat usaha pencarian data. Kesulitan yang lain muncul ketika surat yang sudah lama dikeluarkan dalam beberapa tahun yang lalu dengan jenis surat yang ada sehingga ketika akan melakukan pencarian data juga akan terhambat.

Tujuan dari penelitian ini adalah memudahkan solusi bagaimana surat masuk dan surat keluar pada suatu sekolah.

Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah dengan proses terkomputerisasi, dapat mengelola data dalam jumlah yang lebih besar, dapat melakukan pengelolaan data berulang-ulang, dapat memproses data dengan cepat, memiliki tingkat ketelitian yang tinggi serta memiliki media penyimpanan file yang baik sehingga data akan mudah dicari.

Published
2021-04-15