PENGARUH TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM) TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI PERUSAHAAN PT. NGK CERAMICS INDONESIA

  • Vinsensius Situmorang Politeknik LP3I Jakarta
  • Niantoro Sutrisno Politeknik LP3I Jakarta
  • Himawan Pramulanto Politeknik LP3I Jakarta
Keywords: Total Productive Maintenance (TPM), Kelancaran Produksi

Abstract

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh Total Productive Maintenance (TPM) terhadap kelancaran produksi di PT. NGK Ceramics Indonesia. Latar belakang dari penelitian ini adalah penerapan TPM pada PT. NGK Ceramics Indonesia yang pada kenyataannya terdapat tiga hal (target) yaitu Performance, Availability dan Quality belum tercapai dengan sempurna yang mengakibatkan produktivitas menurun.

Populasi dari penelitian ini berjumlah 34 responden dan sampel 31 responden. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Total Productive Maintenance (TPM) atau variabel X, dan Kelancaran Produksi atau variabel Y, mendapat tanggapan dari responden dengan nilai kriteria tinggi.

Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) di PT.NGK Ceramics Indonesia berada pada kategori tinggi dengan nilai 127, yang berada pada rentang skala 109-134. Kondisi kelancaran produksi di PT.NGK Ceramics Indonesia juga berada pada kategori tinggi yaitu 130, yang berada pada rentang skala 109-134. Uji parsial menunjukkan Total Productive Maintenance (TPM) memilliki pengaruh signifikan terhadap kelancaran produksi dengan nilai sifnifikansi tidak lebih besar dari 0,05 yaitu 0,000, dan besarnya pengaruh Total Productive Maintenance (TPM) terhadap kelancaran produksi sebesar 40,9% berdasarkan Koefisien Determinasi.

 

Published
2021-08-20