STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KINERJA DALAM JASA PELAYANAN MEDIK MELALUI KOMPETENSI SDM DI RSUD DR.R. SOSODORO DJATIKOESOEMO

  • Anita Silvia Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sebuah kasus yang terjadi di RSUD Dr.R.Sosodoro Djatikoesoemo. Teknik analisis  yang akan digunakan untuk menganalisis data dengan  menggunakan  metode  data  non  statistik  (analisis  data  deskriptif kualitatif),  yaitu  menganalisis  data  dengan  cara  mempelajari  penerapan teori  yang  ada  dalam  praktek  dan  untuk  mempertajam  hasil  analisis dipergunakan teknik SWOT (strengths, weakness, opportunities, threats).

Hasil penelitian menjelaskan bahwa kinerja dan kompetensi merupakan faktor kekuatan RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo. Kondisi internal “RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo diketahui bernilai 2.76, kondisi eksternal “RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo bernilai 2.28. Kondisi eksternal RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo dinyatakain baik karena nilai rata-rata faktor kekuatan lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelemahan RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo. Posisi perusahaan saat ini berada dalam posisi sel 5 yang menunjukkan pertumbuhan usaha. Pada sel.5 matrik internal-eksternal (IE) nilai internal dan eksternal RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo memiliki nilai lebih dari 2, yang dapat disimpulkan perusahaan dalam posisi yang cukup kuat dan peluang yang ditawarkan tinggi. Kompetensi SDM mampu menciptakan keunggulan kinerja di RSUD dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro antara lain dengan menangkap isu trategik, menganalisis isu strategik, membuat kebijakan, membuat program dan menjalankan program dengan baik.

Published
2021-10-12