PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI KECAMATAN TEMBILAHAN HULU

  • Mohd. Ridwan Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: embangan Sumber Daya Manusia, Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan sumber daya manusia yang meliputi diklat, non diklat, tugas belajar dan promosi yang berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap kinerja pegawai, untuk mengetahui besarnya pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja serta mengetahui variabel yang  dominan terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Tembilahan Hulu.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penjelasan (explanatory) untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Kecamatan Tembilahan Hulu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sensus sampling yaitu semua pegawai (populasi) menjadi sampel penelitian, selanjutnya menjadi responden.

Hasil penelitian dan analisis data menjelaskan bahwa secara bersama-sama diklat, kegiatan Non diklat, tugas belajar  dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai . Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 38.206 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000. Nilai t hitung untuk diklat sebesar 2.521 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.016,  t hitung untuk kegiatan Non diklat  sebesar 8.252 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000, t hitung untuk tugas belajar sebesar 2.594 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 dan t hitung untuk promosi sebesar 3.508 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.001. Angka tersebut menunjukkan bahwa diklat, kegiatan Non diklat, tugas belajar dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Kecamatan Tembilahan Hulu. Dengan demikian hipotesis pertama dan hipotesis kedua diterima. Sedangkan hipotesis ketiga ditolak karena variable yang berpengaruh dominan adalah non diklat.

Published
2022-01-10