ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENGGUNAAN DANA DESA (DD) DI DESA HENDROSARI KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK TAHUN ANGGARAN 2020

  • Yasinta Risna Ube Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Efektivitas, Pengelolaan Keuangan, Penggunaan Dana Desa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan keuangan di Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Mengetahui penggunaan keuangan di Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Mengetahui efektivitas keuagan dan penggunaan keuangan BUMDesa di Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalh deskriptif kualitatf. informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa dan Sekretaris Desa Hendrosari sedangkan yang menjadi respondennya adalah Masyarakat sebanyak 100 orang dengan menggunakan purposive random sampling. Pengelolaan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dilakukan untuk mengetahui akan efektivitas pengelolaan keuagan Dana Desa (DD). Analisis data terdiri atas tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa Dana Desa yang diterima direncanakan untuk pembangunan desa mulai dari perbaikan infastruktur desa sampai pada pemberdayaan masyarakat. Penggunaan dasa desa di Desa Henrosari dapat dikatakan sangat efektif dengan tingkat efektivitas penggunaan dana desa sebesar 100% yang pada intinya ada 3 (tiga) bidang dalam kegiatan pembelajaan dandesa yaitu Pelaksanaan pembangunan desa, Pemberdayaan masyarakat, dan Penanggulangan bencana, darurat dan belanja tak terduga.

 

Published
2022-01-14