PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD & BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017 – 2020

  • Syeifana Fajar Aulia Citra Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Tata Kelola Perusahaan, Struktur Kepemilikan, Manajemen Laba, Food & Beverage, BEI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tata kelola perusahaan, untuk menganalisis pengaruh struktur kepemilikan, untuk menganalisis pengaruh secara simultan tata Kelola perusahan dan kepemilikan terhadap manajemen laba pada perusahaan Food & Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2020.

Lokasi penelitian ini dilakukan pada perusahaan Food & Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dan periode yang digunakan peneliti dari tahun 2017 hingga 2020. Peneliti memilih penelitian selama tiga tahun berturutturut dikarenakan untuk mendapatkan sampel yang cukup, sehingga bisa mewakili populasi.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tata Kelola Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI periode 2017 – 2020. Struktur Kepemilikan berpengaruh signifikan negative terhadap manajemen laba pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI periode 2017 – 2020. Tata kelola perusahaan dan Struktur kepemilikan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap manajemen laba pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI periode 2017 – 2020.

Published
2022-01-14