KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH DI SMPK KARITAS II PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

  • Yustina Sarina Jokaro STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya
Keywords: Aritmetika Sosial, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis Siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi aritmetika sosial kelas VII B SMPK Karitas ll Surabaya. Pada teknik pengumpulan data  mengunakan wawancara dan tes. Tes mengunakan 3 nomor soal pemecahan masalah materi aritmetika sosial. Sedangkan Wawancara untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis secara online. Subjek berdasarkan 3 indikator yaitu: 1) Siswa dapat menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah mengenai harga beli suatu barang jika diketahui keuntungan yang diterima (IDK 1), 2) Siswa dapat menyelesaikan soal aritmetika sosial mengenai harga jual suatu barang jika diketahui peresentase yang diperoleh (IDK 2), dan 3) Siswa dapat menyelesaikan soal aritmetika sosial mengenai keuntungan dari suatu barang jika diketahui harga belinya (IDK 3).

Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi aritmetika sosial kelas Vll B SMPK Karitas II Surabaya, kemampuan komunikasinya baik, karena (1) pada kategori tinggi siswa mampu mencapai ketiga Indikator dan mampu menjelaskan apa yang mereka kerjakan, (2) pada kategori sedang siswa mampu mencapai ketiga indikator, dan (3) pada kategori rendah siswa mampu mencapai ketiga indikator hanya saja belum mampu menjelaskan kembali dan masih ada kesalahan.

Published
2022-01-26