REPRESENTASI FEMINISME DALAM NOVEL DILAN DIA ADALAH DILANKU TAHUN 1990 KARYA PIDI BAIQ

  • Florentina Mali Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng
Keywords: Novel, Representasi, Feminisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan-permasalahan feminis serta menjelaskan bentuk-bentuk representasi feminis dalam novel Dilan 1990 karya Pidi Baiq dengan menggunakan analisis representasi feminis yang digambarkan melalui sosok perempuan yang memiliki intelektualitas.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Data yang digunakan bersumber dari novel Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq, yang diterbitkan oleh Pastel Books. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dalam bentuk kalimat representasi feminis dan dilakukan kegiatan pemerolehan data melalui teknik baca catat.  Instrumen pada penelitian ini adalah penulis sendiri (human instrument). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga teknik analisi yaiktu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.   Untuk mengetahui keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi data dengan teknik triangulasi sumber.

Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan novel Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq terdapat permasalahan-permasalahan perempuan yang muncul dalam novel seperti salah satunya kekerasan fisik, permasalahan percintaan kaum remaja, relasi dengan teman dan masyarakat, serta relasi dengan orang tua.

Bentuk-bentuk representasi dari permasalahan-permasalahan yang dialami oleh perempuan salah satunya seperti persamaan hak dan kewajiban, hubungan kekuasaan yang Sama serta ketiadaan diskriminasi terhadap kaum perempuan. 

Published
2022-01-26