PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BNN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

  • Martinus Wahyu Purnomo Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Kualitas Layanan, Budaya Organisasi dan Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui tentang kualitas layanan, budaya organisasi dan kinerja pegawai. (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kinerja pegawai. (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai. (4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai pada kantor BNN Kabupaten Lampung Selatan.

Penelitian ini dilaksanakan melalui penelitian lapangan dan kepustakaan. Subjek penelitian adalah seluruh pegawai pada Kantor BNN Kabupaten Lampung Selatan berjumlah 30 pegawai yang selanjutnya sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisa regresi linier ganda.

Hasil penelitian didapatkan: (1) kualitas layanan masuk dalam kategor  sangat baik. (2) budaya organisasi masuk dalam kategori sangat baik. (3) kinerja pegawai masuk dalam kategori sangat baik.  (4) kualitas layanan dan budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor BNN Kabupaten Lampung Selatan, nilai Fhitung=21.621 dan sig.=0.000. Hasil tersebut memiliki makna, kualitas layanan yang dikembangkan dengan baik dan budaya organisasi yang tinggi dapat meningkatkan kualitas kinerja pegawai dengan baik.

Published
2022-04-08