ANALISIS JOB INSCURITY DENGAN TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN OUTSOURCE BIDANG LOGISTIK PERUSAHAAN PT. TIKI JNE CABANG CIKARANG

  • Sandra Adetya Syarif Universitas Bhayangkara
  • Adi Setiawan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Keywords: Job Insecurity, Turnover Intention, Outsource

Abstract

Tenaga kerja manusia sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas industri, namun, adanya kesenjangan antara hak dan kewajiban menjadi pemicu terhadap tingginya job insecurity yang menyebabkan karyawan merasa tidak berharga, tidak produktif atau merasa banyak dirugikan sehingga menyebabkan turnover pada karyawan outsource di PT. TIKI JNE Cabang Cikarang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara turnover dan job insecurity. Subjek dalam penelitian ini ialah 102 karywwan  outsource di PT. TIKI JNE Cabang Cikarang.

Penelitian ini menggunakan 2 alat ukur, yakni Skala Job Insecurity dan Skala Turnover Intention, sebelum diberikan kepada subjek, kedua skala tersebut telah diuji menggunakan Koefisien Validitas Isi Aikens’s V serta diukur daya bedanya menggunakan Corrected Item-Total Correlation serta diuji pula reliabilitasnya menggunakan reliabilitas Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini  adalah teknik uji korelasi untuk melihat ada atau tidaknya hubungan  diantara kedua variabel. Hasilnya terdapat hubungan yang signifikan antara Job Insecurity dan Turnover Intention p<0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,759, artinya bahwa Job Insecurity  dan Turnover Intention memiliki hubungan yang positif. Hasil uji korelasi menunjukan konstanta 0,793, artinya jika job insecurity karyawan rendah maka turnover intention pun sama rendahnya.

Published
2022-04-08