PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA GURU SMK NU KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA

  • Wawan Kurniyanto Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan budaya organisasi, lingkungan kerja, kepuasan kerja dan kinerja guru di SMK NU Kedungtuban Blora. Mengetahui pengaruh langsung budaya organisasi, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMK NU Kedungtuban Blora. Mengetahui pengaruh tidak langsung budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja guru di SMK NU Kedungtuban Blora.

Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SMKĀ  NU Kedungtuban Blora yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sensus sampling yang dikurangi pimpinan. Jadi, pada penelitian ini sampel penelitian sebanyak 31 orang, selanjutnya menjadi responden penelitian.

Pengolahan data dilakukan menggunakan analisis jalur (path analysis). Memposisikan variabel intervening sebagai penghubung antara variabel independen dan variabel dependen. Metode path analysis merupakan perluasan regresi linier berganda yang digunakan untuk menaksir hubungan kausalitas antara variabel dalam model penelitian yang dibangun berdasarkan landasan teori yang kuat. Alat hitung menggunakan program SPSS.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa Budaya organisasi dan lingkungan kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja guru di SMK NU Kedungtuban Blora. Budaya organisasi dan lingkungan kerja berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja guru SMK NU Kedungtuban Blora.

Published
2022-04-08