PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BELI PADA MASKER AXIS-Y MUGWORT PORE CLARIFYING WASH OFF PACK DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pengguna TikTok)

  • Subhan Universitas Khairun
  • Putri Karmila Ode
  • Ida Hidayanti Universitas Khairun
Keywords: Citra Merek, Electronic Word of Mouth, Niat Beli, Tiktok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) terhadap niat beli dengan menggunakan citra merek sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan masker Axis-y Mugwort Pore sebagai objek penelitian. Metode penelitian menggunakan teknik kuantitatif dan populasi penelitian ini adalah konsumen Axis-y Mugwort yang menggunakan aplikasi TikTok. Purposive sampling digunakan oleh peneliti sebagai strategi non-probability sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 140 responden. Untuk menganalisis data yang terkumpul, kami menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2021.  Namun saat penyusunan penelitian ada perbaikan hingga 2022.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Semakin baik electronic word of mouth maka semakin besar pengaruhnya terhadap pembentukan minat beli konsumen. E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Semakin baik electronic word of mouth maka semakin baik pula citra merek yang terbentuk di benak konsumen. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Semakin baik citra merek, semakin banyak konsumen akan membeli produk tersebut. Electronic word of mouth terhadap niat beli yang dimediasi oleh citra merek berpengaruh positif dan signifikan.

Published
2022-06-16