PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN KEPULAUAN LEMBATA

  • Yuta Maria Susana Mendonca Universitas Nusa Cendana
Keywords: Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Semangat Kerja Pegawai

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui lingkungan kerja dan disiplin kerja berpengaruh secara simultan terhadap semangat kerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Kepulauan Lembata. Untuk mengetahui dan menganalisis lingkungan kerja berpengaruh terhadap semangat kerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Kepulauan Lembata.

Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi yaitu analisis regresi linier ganda. Analisis regresi adalah untuk mengetahui pengaruh (hubungan) variabel bebas terhadap variabel terikat. Pemilihan jenis analisis regresi linier berganda karena dalam penelitian ini, terdiri dari 2 variabel bebas: Lingkungan Kerja (X1) dan Disiplin Kerja (X2) dan variabel terikatnya yaitu Semangat Kerja (Y).

Hasil analisis data dengan menggunakan uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 17.093 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 (lebih kecil dari 0,05) yang berarti bahwa secara simultan Lingkungan kerja dan disiplin kerja mempunyai pengaruh signifikan terhadap semangat kerja pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Kepulauan Lembata. Nilai t hitung untuk variabel Lingkungan kerja sebesar 2.616 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.014 karena nilai signifikansi 0.014 (lebih kecil dari 0,05), maka Lingkungan kerja mempunyai pengaruh signifikan terhadap semangat kerja pegawai. Nilai t hitung untuk variabel disiplin kerja sebesar 3.718 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.001 karena nilai signifikansi 0,001 (lebih kecil dari 0,05), maka disiplin kerja mempunyai pengaruh signifikan terhadap semangat kerja pegawai.

 

Published
2022-06-16