ANALISA PENGELOLAAN SAMPAH BERDASARKAN KETERSEDIAAN KENDARAAN OPERASIONAL DI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT

  • Rosmita Rosmita Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dini Setyorini Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Sampah, Pengelolaan Sampah, Kendaraan Operasional Sampah

Abstract

Salah satu faktor berhasil nya suatu daerah dalam pengelolaan sampah adalah ketersediaan kendaraan operasional dan sistem pengelolaannya. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah menganalisa ketersediaan kendaraan operasional sampah di kabupaten/kota di propinsi Jawa barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah di kabupaten/kota di Jawa Barat sudah terpenuhi dan terkelola dengan baik sehingga tidak terjadi penumpukan sampah dimana mana sehingga kedepannya bisa ditingkatkan untuk mewujudkan Jawa Barat sebagai propinsi terbersih.

Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari BPS (Badan Pusat Statistik). Pengolahan data dilakukan dengan analisis varian. Dari data tabel analisis variansi nilai F hitung ? F tabel pada taraf 5% menunjukkan bahwa Ho diterima, artinya kendaraan operasional sampah yang disediakan oleh instansi yang bertanggung jawab dalam proses pengangkutan sampah mencukupi disetiap daerah.

Dalam hal penanggulangan sampah kedepannya diharapkan ada gebrakan pembaharuan pemanfaatan sampah sehingga sampah yang terbuang bisa di kurangi atau diminimalisir.

 

Published
2022-07-19