PENGARUH ADANYA SISTEM PENJUALAN ONLINE TERHADAP PASAR TRADISIONAL BENOWO SURABAYA

  • Anindya Ardiansari Universitas Wijaya Putra
Keywords: Penjualan Online, Pasar Tradisional, Sistem Penjualan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini yang sangat berkembang dengan pesat ternyata telah membawa perubahan yang sangat besar bagi segala aspek, baik dari segi produksi maupun dari segi penjualan dan dari segi pasar konsumen pun juga berubah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penjualan online terhadap para pedagang-pedagang pasar tradisional dan bagaimana meresponnya melaui pendalaman data dari persepsi persepsi pedagang pasar tradisional terhadap pedagang online dan respon pada pedagang pasar tradisional.

Hasil dari penelitian ini adalah kesadaran para pedagang tradisional terhadap terusnya peningkatan penjualan online juga cukup tinggi 90% menyatakan bahwa kedepan penjualan online akan mengalami terus peningkatan, hal ini menandakan bahwa penjual tradisional menyadari adanya pengaruh. Berkaitan dengan respon pedagang tradisional hasil deskripsi statistik menunjukkan 60% pedagang memiliki respon yang positif, respon positif dimaksud adalah pedagang menyadari dan melakukan strategi untuk bersaing, memahami keunggulan penjualan tradisional dan kelemahan penjualan online sehingga menemukan strategi yang cocok untuk diterapkan, selain itu juga pedagang mencoba untuk mulai merintis penjualan secara online. Memperhatikan persepsi dan respon yang memiliki kelinieran tersebut maka dapat disimpulkan bahwa secara umum pedangang tradisional mampu merespon perkembangan penjualan online secara baik sehingga dapat bertahan.

Published
2022-07-19