PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

  • Ardi Ramadhan Universitas Wijaya Kusuma
Keywords: Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Perusahaan Manufaktur, BEI

Abstract

Salah satu harapan perusahaan adalah tetap menjaga dan mempertahankan nilai perusahaan. Semakin tinggi nilai perusahaan menandakan perusahaan tersebut memiliki kinerja dan prospek masa depan yang baik dan dapat dipercaya oleh investor.  Nilai perusahaan menjadi sangat penting karena mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor dan kreditor terhadap perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal, likuiditas, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan maufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang terdiri dari  Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Auto Korelasi), dan Pengujian Hipotesis (Uji Statistik F, Uji Statistik t, Uji Koefisien Determinasi). Hasil dari penelitian ini adalah ukuran perusahaan, struktur modal, dan profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sedangkan likuiditas memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

Published
2022-09-28