PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN SMK PGRI 5 DENPASAR

  • I Made Sujana Universitas Teknologi Indonesia
Keywords: Kepemimpinan, Lingkungan, Kepuasan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara variabel kepemimpinan dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja karyawan SMK PGRI 5 Denpasar. Selain itu, untukengetahui pengaruh antara variabel kepemimpinan dan lingkungan kerja secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan SMK PGRI 5 Denpasar.

Penelitian ini merupakan penelitian ekspalanatory Populasi dalam penelitian adalah seluruh karyawan di SMK PGRI 5 Denpasar sebanyak 73 orangĀ  Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sensus sampling yaitu pengambilan sampel yang diambil seluruh anggota populasi. Pada penelitian ini sampel penelitian sebanyak 73 responden Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis dalam dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 (dua), yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepemimpinan dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan pada SMK PGRI 5 Denpasar. Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan kerja tersebut pada kepuasan kerja karyawan sebesar 46,3%, oleh karena itu kepuasan kerja karyawan sebesar 53,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Secara parsial kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan kerja karyawan pada SMK PGRI 5 Denpasar.

Published
2022-10-04