ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERUMAHAAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN PROVINSI MALUKU UTARA

  • Apriana Salakory Universitas Khairun
  • Abdullah W. Jabid Universitas Khairun
  • Fadhliah M. Alhadar Universitas Khairun
Keywords: Lingkungan Kerja, Keadilan Organisasional, Kinerja Pegawai, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lingkungan kerja berpengaruh dan keadilan organisasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai, apakah lingkungan kerja dan keadilan organisasional berpengaruh terhadap kepuasan kerja, apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada, dan untuk mengetahui apakah lingkungan kerja dan keadilan organisasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai yang dimediasi oleh kepuasan kerja pada dinas perumahan dan kawasan permukiman Provinsi Maluku Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi pegawai Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Maluku Utara sebanyak 140 pegawai tetap maupun pegawai tidak tetap. Data analisis menggunakan teknik Partial Least Square (PLS) dengan Smart PLS 3.0.

Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, sedangkan keadilan organisasional dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, lingkungan kerja dan keadilan organisasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja mampu memediasi hubungan antara lingkungan kerja dan kinerja pegawai, dan keadilan organisasional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai yang dimediasi oleh kepuasan kerja.

Published
2022-12-02