EFEKTIFITAS PENGELOLAAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KOGNITIF PERSONAL MELALUI PENGGUNAAN INFRASTRUKTUR DIGITAL (MEDIA SOSIAL)

  • Misnawati Misnawati Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Yusriadi Yusriadi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman
Keywords: Manajemen, Kewirausahaan, Kognitif, Infrastruktur Digital

Abstract

Efektifitas pengelolaan kewirausahaan ditentukan oleh beberapa aspek berhasil atau tidaknya suatu usaha yang dijalankan, yaitu aspek modal, pengelolaan, dan pemasaran. Profit suatu usaha bergantung pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh wirausahawan.

Di era globalisasi ini, salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif dilakukan adalah penggunaan infrastruktur digital dalam hal ini digital marketing melalui jejaring sosial. Namun penggunaan jejaring sosial seyogyanya didukung dengan kemampuan yang dimiliki oleh wirausahawan yang disebut dengan kognitif personal. Sinergitas antara kognitif personal wirausahawan dan pemanfaatan digital marketing berimplikasi terhadap kinerja suatu bisnis.

Tulisan ini mendeskripsikan efektifitas pengelolaan usaha melalui penggunaan infrastruktur digital berbasis kognitif personal seorang wirausahawan. Tulisan ini mengkaji tentang kewirausahaan melalui : (1) Efektifitas usaha yang didukung oleh kognitif personal; (2) Peran strategis media sosial dalam pengembangan kewirausahaan: dan (3) Implikasi kognitif personal terhadap efektifitas penggunaan infrastruktur digital.

Published
2018-05-31